Website Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bima

Telpon : (0461) 21053

Visi dan Misi


Visi

Visi Organisasi Dinas Sosial Kota Bima adalah: “Membangun Kemandirian menuju Masyarakat Sejahtera“.

Beberapa makna yang terkandung dalam visi tersebut antara lain :

  1. Membangun adalah upaya meningkatkan potensi sosial masyarakat melalui program dan kegiatan yang terencana, sistematis dan berkelanjutan.

  2. Kemandirian adalah kemampuan masyarakat membangun dirinya dalam upaya menata kehidupan sosial material maupun spiritual yang diliputi oleh rasa keselamatan, kesusilaan, dan ketentraman lahir batin, yang memungkinkan bagi setiap warga negara untuk mengadakan usaha pemenuhan kebutuhan-kebutuhan jasmaniah, rohaniah dan sosial yang sebaik-baiknya bagi diri, keluarga serta masyarakat dengan menjunjung tinggi hak-hak azasi serta kewajiban manusia sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

  3. Masyarakat adalah seluruh masyarakat Kota Bima yang termasuk dalam kategori miskin, cacat, terlantar, tuna sosial, ketertinggalan atau terpencil, korban bencana alam dan bencana sosial.

  4. Sejahtera adalah adanya kondisi sosial ekonomi yang baik berupa memiliki pendapatan per kapita yang baik, angka kemiskinan yang terus berkurang, pemenuhan kebutuhan dasar yang membaik serta daya beli masyarakat yang terus meningkat.

 

Misi

Untuk mencapai visi yang telah ditetapkan tersebut Dinas Sosial Kota Bima menetapkan Misi yang akan menjadi pegangan dalam mengembangkan atau merumuskan langkah selanjutnya. Misi Dinas Sosial Kota Bima adalah:

Meningkatkan pelayanan sosial terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)